Jumat, 27 September 2013

VBAC

hello friend.. hellow my best friend.. heheh kayak lagunya pororo yak, mau curcol nih tentang perjuanganku mencari dukungan nakes yg pro VBAC. Apa sih VBAC itu, kepanjangannya Vaginal Birth After Casear, gampangnya melahirkan normal setelah sesar, banyak pro n kontra disana, karena memang kalau dilihat dari faktor resiko maka skor untuk kehamilan dengan bekas operasi sesar punya nilai 8. sedangkan resiko tinggi dikategorikan lebih dari 8, nah gimana hayoooo?
Birth plan ku yang penuh dengan coretan ini selalu kubuka, kubaca, kurevisi dengan diskusi ma suami... pingin banget lahiran yang kedua ini dengan gentle birth.pemberdayaan dini sudah kumulai dari dini, yaa mengajak kerjasama diri ini tentunya..
sesuai saran teman di grub AIMI aku coba dr tjuput di DKT,  sepertinya pernah denger nama nih dokter ternyata betul, dulu pas hamil Darrell aku pernah priksa sama beliau. satu kata buat dr Tjuput adalah SABAR, jadi mungkin bener kata temen2 di grub klo beliaupun sabar nunggu proses kelahiran. cuman aku kurang sreg sama RSnya, sempit kamarnya secara keluarga pasti maunya nungguin aku n nginep semua di RS seperti dulu, tapi akhirnya kumatepin deh hati, bilang ke keluarga mau lahiran di DKT dan kuutarakan alasanku meski jujur hati kecilku masih mikirin masalah tadi, yaa mumpung masih ada waktu aku aktif nanya2 smua dan memikirkan kemungkinan terburuk misal VBACku gagal kan harus CS, ada yang kasih saran klo CS lagi minta obatnya yg bagus, jangan yg standart RSnya.. biar pemlihan cepet dan ndak sakit.... dan satu lagi yg membuatku kurang sreg di dokter ini, USGnya yg kuran bagus jadi informasi di print outnya standart banget... aku yg terbiasa dengan USG bagus ceilee jadi gag puas rasanya, dokternya jg minim info klo ndak ditanya, berapa dok beratnya? ya sekitar 2,5. pas kontrol lagi brp dok beratnya ya sekitar 3kg. hmmm padahal aku perlu yg detil, yang diukur dibandingin entang dr pelipis ato perut gt... soalnya berat juga aku jadikan acuan untuk menimbang syarat VBAC tadi, aku maju mundur mau nanya SBR wong beratnya aja dikira-kira :( padahal seperti yang kubaca syarat VBAC itu SBR min 4, BBJ +-3kg, jarak min 2th, lahiran di RS, dan pembukaan alamiah/ ndak boleh dipacu pake perangsang. baru 2 point yg OK lainnya blm jelas :(
aku berkeluh ke hubby, sepertinya kita harus cari 2nd opini lagi nih buat perhitungan yg akurat, secara HPL sebentar lagi, Bismillah smg apa yg kami rencanka baek buat kami ya Robb.. Lindungi kami dari segala mara bahaya aamiin

Tidak ada komentar: